TUTORIAL CODEIGNITER : APLIKASI WEBSITE / BLOG (WEBLOG) SEDERHANA DENGAN CODEIGNITER

Oke gan, langsung saja untuk screen shoot contoh aplikasi website, weblog, blog dengan codeigniter yang ane kasi, seperti di bawah ini...

Tutorial HTML

HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML tampilan web terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti ...

TUTORIAL ORACLE - KONEKSI ORACLE KE JAVA, PHP DAN C# (C-SHARP)

Disitu juga ane kasi contoh aplikasi CRUD nya yang bisa ente download Gratisss :D ...

Rabu, 01 November 2017

Tutorial HTML 2: Mengenal Fungsi Browser

Tutorial HTML 2: Mengenal Fungsi Browser

Setelah mempelajari Pengertian HTML dalam tutorial sebelumnya. Pada tutorial belajar HTML kali ini kita akan Mengenal Fungsi Browserpengertian web browser dan kaitannya dengan standar HTML oleh W3C.


Pengertian Web Browser
Web Browser (atau biasa disebut browser) adalah sebuah software aplikasi untuk menerima,  menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (wikipedia). Dan salah satu informasi itu dibuat dalam format HTML.
Kode HTML yang kita buat akan diterjemahkan oleh web browser agar tampil seperti yang dirancang. Pada dasarnya seluruh web browser dapat menampilkan kode HTML sama baiknya, namun jika sudah berbicara mengenai desain halaman, tiap-tiap browser memiliki beberapa perbedaan.
HTML dirancang dan diatur oleh sebuah badan standarisasi dunia yang khusus menangani web, yaitu W3C (World Wide Web Consortium). Hal ini dikarenakan tiap-tiap program web browser menerjemahkan kode-kode HTML secara berbeda-beda, sehingga di perlukan sebuah standar yang sama untuk seluruh browser.
Namun pada penerapannya, standar ini hanya merupakan rekomendasi. Beberapa web browser membuat aturannya sendiri.
Salah satu yang terkenal adalah Internet Explorer pada sekitar tahun 2000-an. Hampir 90% web browser yang digunakan saat itu adalah Internet Explorer, dan IE tidak sepenuhnya mengikuti rekomendasi W3C. Sedangkan web browser Opera yang mencoba menerapkan standar W3C tidak terlalu populer. Perbedaan aturan penerjemahan HTML di antara web browser inilah yang terus menjadi tantangan bagi programmer web.
Sekarang Internet Explorer tidak lagi sekuat dulu. Web Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome telah menguasai lebih dari 50%, dan IE juga telah berusaha menerapkan standar W3C.
Fungsi Web Browser
Untuk mempelajari HTML, web browser adalah perangkat utama yang kita butuhkan. Ibarat bahasa pemograman lainnya, Web Browser adalah compiler dan intrepreter HTML. Anda bebas menggunakan web browser yang disukai, namun dalam tutorial Belajar HTML ini saya akan menggunakan Mozilla Firefox.
Untuk mendapatkan versi terbaru dari web browser populer saat ini, salahkan klik link dibawah:

  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Opera
  • Apple Safari
  • Internet Exploler
Selain web browser, aplikasi lain yang kita butuhkan untuk mempelajari HTML adalah sebuah text editor, untuk pembahasan mengenai text editor HTML ini akan kita bahas pada tutorial selanjutnya: Memilih Aplikasi Editor HTML.

Tutorial HTML 1: Pengertian HTML

Tutorial HTML 1: Pengertian HTML

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik text tersebut. Kemampuan text inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link.

Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jika berada di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini di kenal sebagai HTML tag.

Jika anda ingin melihat bagaimana sebenarnya HTML, silahkan klik kanan halaman ini, lalu pilih View Page Source (di Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome). Akan tampil sebuah halaman baru yang merupakan kode HTML dari halaman ini.

Jika anda merasa terintimidasi dengan kode-kode tersebut, anda tidak sendiri, saya juga mengalaminya. Namun, kita akan mempelajari sebagian besar kode-kode ini di Tutorial Belajar HTML Dasar Untuk Pemula.




HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML tampilan web terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.
HTML bukanlah bahasa pemograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jika anda telah mengenal bahasa pemograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemograman seperti IF, LOOP, maupun variabelHTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Selain HTML, dikenal juga xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup LanguagexHTML merupakan versi lama dari HTML (sebelum era HTML5 seperti saat ini). xHTML menggunakan aturan penulisan yang lebih ketat. Jika anda menemukan artikel yang membahas xHTML, bisa disamakan dengan HTML, karena perbedaannya tidak terlalu banyak.
File HTML harus dijalankan dari aplikasi web browser. Dalam tutorial belajar HTML dasar selanjutnya, kita akan membahas tentang Mengenal Fungsi Browser.

Minggu, 01 Januari 2017

Merry Chrismas and Happy New Year 2017


Hello guys... Sebelum nya oe mau ngucapin nih, Selamat Natal ya bagi yang merayakan, dan Selamat Tahun baru.. prrrfftt..

Merry Christmas and Happy New Year...

Semalem di daerah rumah oe hujan, tapi kemeriahan Tahun baru masih tetap di lakuin kog, seperti nyalain kembang api, niup terompet, bakar-bakar bareng, makan-makan bareng, bahkan sampai nginep bareng :D

Pokok nya seru deh. Apalagi tanggal 31 Desember tu bertepatan sama hari ulang tahun nya mama oe. Jadi lengkap lah, ulang tahun di rayain sama semua orang, walaupun di rayain nya waktu akhir tahun, dan awal tahun.

Nah gimana ni dengan kalian? kalian juga ngerayain tahun baru kayak gimana? Pasti juga sama seru nya.

Nih oe punya Quotes, eh tapi bisa di bilang cuman sekedar kata-kata sih buat kalian semua buat tahun 2017 ini.

"Selamat tinggal KENANGAN dan Selamat datang calon Tunangan". eeeaaaa.

Jangan lupa share ya dan follow blog oe, jangan lupa juga klik like fanpage facebook oe ya. Thanks ^_^

Selasa, 13 Desember 2016

Game Snake C++ (source code)


Nih bagi kalian yang sudah penasaran sama game Snake nya. Cara bikin nya sih sama seperti di Tutorial C dan C++. Create new file, beri nama, lalu klik OK. Nah oe ada source code nya, kalian bisa copy dibawah ini, untuk game Snake nya.

 

#include < iostream >
#include < conio.h >
#include < windows.h >

 

#define batas_atas 2
#define batas_bawah 23
#define batas_samping 2
#define batas_samping_k 78

 

#define caption "\t\t Ulo-Ulo \t\t\n\n"

 

using namespace std;

 

int iX(5), iY(5), x1 (4), y1 (4), xHapus(3), yHapus(3), veloX(1), veloY(0),ekorsX[200], ekorsY[200], nEkor = 2, start = 0, makX, makY ,level = 1 ,username;

 

void gotoxy(int x, int y)
{
COORD pos = {x, y};
SetConsoleCursorPosition(GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE), pos);
}

 

void naik()
{
veloY = -1;
veloX = 0;
}

 

void turun()
{
veloY = 1;
veloX = 0;
}

 

void samping()
{
veloX = -1;
veloY = 0;
}

 

void samping_k()
{
veloX = 1;
veloY = 0;
}

 

void hapus()
{
gotoxy(xHapus, yHapus);
cout << " ";
}

 

void ekor()
{
for(int j = 0; j <= 2; j++)
{
gotoxy(ekorsX[j], ekorsY[j]);
cout << char(02);
}
}

 

void tampil()
{
gotoxy(iX, iY);
cout << char(01);

gotoxy(makX, makY);
cout << char(06);
}

 

void ganti_posisi()
{
xHapus = ekorsX[nEkor - 1];
yHapus = ekorsY[nEkor - 1];
for(int j = nEkor - 1; j >= 1; j--)
{
ekorsX[j] = ekorsX[j-1];
ekorsY[j] = ekorsY[j-1];
}
ekorsX[0] = iX;
ekorsY[0] = iY;
}

 

void velo()
{
ganti_posisi();
hapus();
iX += veloX;
iY += veloY;
tampil();
ekor();
}

 

bool isDestroy()
{
if(iX == batas_samping_k) { iX = 3; gotoxy(78, iY); cout << " "; }
if(iX == batas_samping) { iX = 77; gotoxy(2, iY); cout << " "; }
if(iY == batas_atas) { iY = 22; gotoxy(iX, 2); cout << " "; }
if(iY == batas_bawah) { iY = 3; gotoxy(iX, 23); cout << " "; }
for(int j = 0; j <= nEkor - 1; j++)
if(ekorsX[j] == iX && ekorsY[j] == iY) return true;
return false;
}

 

char getkey()
{
for(int i = 8; i <= 222; i++)
{
if(GetAsyncKeyState(i) == -32767)
{
switch(i)
{
case 38 : if(veloY != 1)naik();
break;
case 40 : if(veloY != -1)turun();
break;
case 37 : if(veloX != 1)samping();
break;
case 39 : if(veloX != -1)samping_k();
break;
}
}
}
}

 

void random_makanan()
{
makX = rand()%(batas_samping_k - 1);
if(makX < 4) makX += 3 + (4-makX);
makY = rand()%(batas_bawah - 1);
if(makY < 4) makY += 3 + (4-makY);
gotoxy(makX, makY);
cout << char(3);
if (nEkor%10==0)
level=level+1;
}

 

bool isEaten()
{
if(iX == makX && iY == makY)
return true;
else
return false;
}

 

void cBorder()
{
for(int i = 1; i <= 78; i++)
{
for(int j = 1; j <= 24; j += 23)
{
if(j > 10 || i >= 2)
{
gotoxy(i, j);cout << "-";
}
}
}
for(int i = 1; i <= 24; i++)
{
for(int k = 1; k <= 80; k += 78)
{
gotoxy(k, i); cout << "|";
}
}
}

 

void skor()
{
gotoxy(3,1); cout << "Skor : ";
gotoxy(18,1); cout << "Panjang : ";
gotoxy(34,1); cout << "level : ";
gotoxy(47,1); cout << "twitter : @thomzgunz";
gotoxy(3,2); cout << "Nama : ";
gotoxy(47,2); cout << "Instagram : @thomas_gunawan";
}

 

void tulis_skor()
{
gotoxy(11,1); cout << (nEkor) * 10;
gotoxy(28,1); cout << nEkor;
gotoxy(41,1); cout << level;
}

 

void inisialisasi()
{
cBorder();
random_makanan();
skor();
tulis_skor();
}

 

void tulisTengah(string s, int y)
{
gotoxy(40 - (s.length() / 2), y);
cout << s;
}

 

int main()
{
system("color f0");
int pilih;
char user[20];

pilih:
system("cls");
cout<<(caption);
tulisTengah("Selamat Datang",5);
tulisTengah("================================", 6);
tulisTengah("GAME Ulo-Ulo by ThomasCode v 1.0", 7);
tulisTengah("================================", 8);
tulisTengah("Follow Me :",10);
tulisTengah("Twitter : @thomzgunz | Fb : thomas gunawan part I | WA : 085712475303", 11);
tulisTengah("Line : @thomasgunawan_s | IG : thomas_gunawan | Bigo : thomas gunawan", 12);
tulisTengah("pilih kode nya : 1. untuk bermain , 2. untuk keluar", 14);
tulisTengah("1.main",15);
tulisTengah("2.keluar",16);
tulisTengah("anda pilih yang mana : ",18);
cin>>pilih;

switch (pilih)
{
case 1:
goto main;
case 2:
goto exit;
default : tulisTengah("maaf tidak tersedia",25);
goto pilih;
}

main:
system("cls");
tulisTengah("Selamat Datang",5);
tulisTengah("================================", 6);
tulisTengah("GAME Ulo-Ulo by ThomasCode v 1.0", 7);
tulisTengah("================================", 8);
tulisTengah("Follow Me :",9);
tulisTengah("Twitter : @thomzgunz | Fb : thomas gunawan part I | WA : 085712475303", 10);
tulisTengah("Line : @thomasgunawan_s | IG : thomas_gunawan | Bigo : thomas gunawan", 11);

tulisTengah("Masukkan Nama : ",13);
cin >> user;
system("cls");
gotoxy(11,2); cout << user;
inisialisasi();

while(!(isDestroy()))
{
velo();
getkey();
if(isEaten())
{
nEkor += 2;
random_makanan();
tulis_skor();
}
Sleep(100 - (nEkor * 3));
}
system("cls");
gotoxy(32,12); cout << "Skor "<< user<<":" << (nEkor - 1) * 10;
gotoxy(25,13);
exit:
system("pause");
}


Nih contoh codingan yang full nya, bisa kalian copy.

 

#include < iostream >
#include < conio.h >
#include < windows.h >

#define batas_atas 2
#define batas_bawah 23
#define batas_samping 2
#define batas_samping_k 78

#define caption "\t\t Ulo-Ulo \t\t\n\n"

using namespace std;

int iX(5), iY(5), x1 (4), y1 (4), xHapus(3), yHapus(3), veloX(1), veloY(0),ekorsX[200], ekorsY[200], nEkor = 2, start = 0, makX, makY ,level = 1 ,username;

void gotoxy(int x, int y)
{
COORD pos = {x, y};
SetConsoleCursorPosition(GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE), pos);
}

void naik()
{
veloY = -1;
veloX = 0;
}

void turun()
{
veloY = 1;
veloX = 0;
}

void samping()
{
veloX = -1;
veloY = 0;
}

void samping_k()
{
veloX = 1;
veloY = 0;
}

void hapus()
{
gotoxy(xHapus, yHapus);
cout << " ";
}

void ekor()
{
for(int j = 0; j <= 2; j++)
{
gotoxy(ekorsX[j], ekorsY[j]);
cout << char(02);
}
}

void tampil()
{
gotoxy(iX, iY);
cout << char(01);

gotoxy(makX, makY);
cout << char(06);
}

void ganti_posisi()
{
xHapus = ekorsX[nEkor - 1];
yHapus = ekorsY[nEkor - 1];
for(int j = nEkor - 1; j >= 1; j--)
{
ekorsX[j] = ekorsX[j-1];
ekorsY[j] = ekorsY[j-1];
}
ekorsX[0] = iX;
ekorsY[0] = iY;
}

void velo()
{
ganti_posisi();
hapus();
iX += veloX;
iY += veloY;
tampil();
ekor();
}

bool isDestroy()
{
if(iX == batas_samping_k) { iX = 3; gotoxy(78, iY); cout << " "; }
if(iX == batas_samping) { iX = 77; gotoxy(2, iY); cout << " "; }
if(iY == batas_atas) { iY = 22; gotoxy(iX, 2); cout << " "; }
if(iY == batas_bawah) { iY = 3; gotoxy(iX, 23); cout << " "; }
for(int j = 0; j <= nEkor - 1; j++)
if(ekorsX[j] == iX && ekorsY[j] == iY) return true;
return false;
}

char getkey()
{
for(int i = 8; i <= 222; i++)
{
if(GetAsyncKeyState(i) == -32767)
{
switch(i)
{
case 38 : if(veloY != 1)naik();
break;
case 40 : if(veloY != -1)turun();
break;
case 37 : if(veloX != 1)samping();
break;
case 39 : if(veloX != -1)samping_k();
break;
}
}
}
}

void random_makanan()
{
makX = rand()%(batas_samping_k - 1);
if(makX < 4) makX += 3 + (4-makX);
makY = rand()%(batas_bawah - 1);
if(makY < 4) makY += 3 + (4-makY);
gotoxy(makX, makY);
cout << char(3);
if (nEkor%10==0)
level=level+1;
}

bool isEaten()
{
if(iX == makX && iY == makY)
return true;
else
return false;
}

void cBorder()
{
for(int i = 1; i <= 78; i++)
{
for(int j = 1; j <= 24; j += 23)
{
if(j > 10 || i >= 2)
{
gotoxy(i, j);cout << "-";
}
}
}
for(int i = 1; i <= 24; i++)
{
for(int k = 1; k <= 80; k += 78)
{
gotoxy(k, i); cout << "|";
}
}
}

void skor()
{
gotoxy(3,1); cout << "Skor : ";
gotoxy(18,1); cout << "Panjang : ";
gotoxy(34,1); cout << "level : ";
gotoxy(47,1); cout << "twitter : @thomzgunz";
gotoxy(3,2); cout << "Nama : ";
gotoxy(47,2); cout << "Instagram : @thomas_gunawan";

}

void tulis_skor()
{
gotoxy(11,1); cout << (nEkor) * 10;
gotoxy(28,1); cout << nEkor;
gotoxy(41,1); cout << level;
}

void inisialisasi()
{
cBorder();
random_makanan();
skor();
tulis_skor();
}

void tulisTengah(string s, int y)
{
gotoxy(40 - (s.length() / 2), y);
cout << s;
}

int main()
{
system("color f0");
int pilih;
char user[20];

pilih:
system("cls");
cout<<(caption);
tulisTengah("Selamat Datang",5);
tulisTengah("================================", 6);
tulisTengah("GAME Ulo-Ulo by ThomasCode v 1.0", 7);
tulisTengah("================================", 8);
tulisTengah("Follow Me :",10);
tulisTengah("Twitter : @thomzgunz | Fb : thomas gunawan part I | WA : 085712475303", 11);
tulisTengah("Line : @thomasgunawan_s | IG : thomas_gunawan | Bigo : thomas gunawan", 12);
tulisTengah("pilih kode nya : 1. untuk bermain , 2. untuk keluar", 14);
tulisTengah("1.main",15);
tulisTengah("2.keluar",16);
tulisTengah("anda pilih yang mana : ",18);
cin>>pilih;

switch (pilih)
{
case 1:
goto main;
case 2:
goto exit;
default : tulisTengah("maaf tidak tersedia",25);
goto pilih;
}

main:
system("cls");
tulisTengah("Selamat Datang",5);
tulisTengah("================================", 6);
tulisTengah("GAME Ulo-Ulo by ThomasCode v 1.0", 7);
tulisTengah("================================", 8);
tulisTengah("Follow Me :",9);
tulisTengah("Twitter : @thomzgunz | Fb : thomas gunawan part I | WA : 085712475303", 10);
tulisTengah("Line : @thomasgunawan_s | IG : thomas_gunawan | Bigo : thomas gunawan", 11);

tulisTengah("Masukkan Nama : ",13);
cin >> user;
system("cls");
gotoxy(11,2); cout << user;
inisialisasi();

while(!(isDestroy()))
{
velo();
getkey();
if(isEaten())
{
nEkor += 2;
random_makanan();
tulis_skor();
}
Sleep(100 - (nEkor * 3));
}
system("cls");
gotoxy(32,12); cout << "Skor "<< user<<":" << (nEkor - 1) * 10;
gotoxy(25,13);
exit:
system("pause");
}



Sekian dulu ya dari oe. Jangan lupa Share & Follow blog oe ya, like fanpage oe juga.

Game Puzzle C (source code)


Nih bagi kalian yang sudah penasaran sama game puzzle nya. Cara bikin nya sih sama seperti di Tutorial C dan C++. Create new file, beri nama, lalu klik OK. Nah oe ada source code nya, kalian bisa copy dibawah ini, untuk game puzzle nya.

 

#include < stdlib.h >
#include < time.h >
#include < stdio.h >

 

#define atas 1
#define kiri 2
#define bawah 3
#define kanan 4

 

#define keyUp 0x048
#define keyDown 0x050
#define keyLeft 0x04b
#define keyRight 0x04d

 

#define true 1
#define false 0

 

#define easy 10
#define medium 100
#define hard 1000

 

#define caption "-------------------------------------------------------------------------\n|\t\t\t\t GAME PUZZLE \t\t\t\t|\n-------------------------------------------------------------------------\n"

 

#define fieldSize 4

 

char field[fieldSize][fieldSize];
char field2[fieldSize][fieldSize];
unsigned int seed;
int x, y;
int acak(int i);
void initField(int movement);
void move(int arah);
void generateOutput();
int cekUrut();

 

int acak(int i)
{
int a;
seed += 5;
srand(seed);

a = (rand() % i) + 1;

return(a);
}

 

void initField(int movement)
{
int arah, arahOld = -1, nPindah = movement, xOld, yOld;
int c = 1, i, j;
char temp;

srand(time(NULL));
seed = rand();
x = y = (fieldSize - 1);

for (i = 0; i <= (fieldSize - 1); i++) {
for (j = 0; j <= (fieldSize - 1); j++) {
field[i][j] = field2[i][j] = c;
c++;
}
}
field[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = field2[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = ' ';

c = 0;
while (c != nPindah) {
xOld = x;
yOld = y;
arah = acak(4);

if (arah != 0) {
if ( c != 0) {
if ((arah + 2) % 4 == arahOld) {
continue;
}
}

switch (arah) {
case atas :
if (y > 0) y--;
else continue;
break;
case kiri:
if (x > 0) x--;
else continue;
break;
case kanan :
if (x < fieldSize - 1) x++;
else continue;
break;
case bawah :
if (y < fieldSize - 1) y++;
else continue;
break;
default :
break;
}

if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
temp = field[y][x];
field[y][x] = field[yOld][xOld];
field[yOld][xOld] = temp;

c++;
arahOld = arah % 4;
} else {
x = xOld;
y = yOld;
}
}
}
}

 

void move(int arah) {
int xOld, yOld;
char temp;

xOld = x;
yOld = y;

switch (arah) {
case atas :
if (y > 0) y--;
break;
case kiri:
if (x > 0) x--;
break;
case kanan :
if (x < (fieldSize - 1)) x++;
break;
case bawah :
if (y < (fieldSize - 1)) y++;
break;
default :
break;
}

if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
temp = field[y][x];
field[y][x] = field[yOld][xOld];
field[yOld][xOld] = temp;
} else {
x = xOld;
y = yOld;
}
generateOutput();
}

 

void generateOutput() {
int i, j, k;
system("cls");
puts(caption);
puts("Tekan ESC untuk keluar / reset permainan...");
for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");

for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
if (i == y && j == x) {
printf("| %c ", field[i][j]);
} else {
printf("| %2i ", field[i][j]);
}
}
puts("|");

for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
}
}

 

int cekUrut() {
int c, d;
int match = true;

for (c = 0; c <= (fieldSize - 1); c++) {
for (d = 0; d <= (fieldSize - 1); d++) {
if (field[c][d] != field2[c][d]) {
if (match == true) {
match = false;
}
}
}
}
return(match);
}

 

int main()
{
system("color f0");
int i, j, k, level;
char key;

system("cls");
puts(caption);
puts("Mainkan puzzle dan menyusunnya menjadi urutan yang benar...");
puts("Geser kotak kosong sehingga menjadi berurutan sbg berikut : \n");
initField(0);
for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
if (i == y && j == x) {
printf("| %c ", field2[i][j]);
} else {
printf("| %2i ", field2[i][j]);
}
}
puts("|");

for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
}
puts("Gunakan tombol panah untuk menggeser kotak kosong...\n");
puts("Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan...");
getch();
for(;;) {
system("cls");
puts("Level : ");
puts("\t1. Easy");
puts("\t2. Medium");
puts("\t3. Hard");
printf("Pilih Level yang akan dimainkan : ");
scanf("%i", &level);

switch (level) {
case 1 :
initField(easy);
break;
case 2 :
initField(medium);
break;
case 3 :
initField(hard);
break;
default :
puts("Level salah!!");
getch();
continue;
}

system("cls");

generateOutput();

while ((key = getch()) != 27) {
switch(key) {
case keyUp :
move(atas);
break;
case keyDown :
move(bawah);
break;
case keyLeft :
move(kiri);
break;
case keyRight :
move(kanan);
break;
}
if (cekUrut() == true) {
puts("\nANDA MENANG!!!");
break;
}
}
if (key == 27) {
printf("Apakah anda ingin keluar ?\n['y' utk keluar / 't' utk reset] : ");
if (toupper(getchar()) == 'Y') break;
else continue;
} else {
printf("Apakah anda ingin main lagi ? [y/t] : ");
if (toupper(getchar()) == 'T') {
puts("\nTerima Kasih Telah Mencoba!!!");
getch();
break;
}
else continue;
}
}
}

Nih contoh codingan yang full nya, bisa kalian copy.

 

#include < stdlib.h >
#include < time.h >
#include < stdio.h >

#define atas 1
#define kiri 2
#define bawah 3
#define kanan 4

#define keyUp 0x048
#define keyDown 0x050
#define keyLeft 0x04b
#define keyRight 0x04d

#define true 1
#define false 0

#define easy 10
#define medium 100
#define hard 1000

#define caption "-------------------------------------------------------------------------\n|\t\t\t\t GAME PUZZLE \t\t\t\t|\n-------------------------------------------------------------------------\n"

#define fieldSize 4

char field[fieldSize][fieldSize];
char field2[fieldSize][fieldSize];
unsigned int seed;
int x, y;

int acak(int i);
void initField(int movement);
void move(int arah);
void generateOutput();
int cekUrut();

int acak(int i)
{
int a;
seed += 5;
srand(seed);

a = (rand() % i) + 1;

return(a);
}

void initField(int movement)
{
int arah, arahOld = -1, nPindah = movement, xOld, yOld;
int c = 1, i, j;
char temp;

srand(time(NULL));
seed = rand();
x = y = (fieldSize - 1);

for (i = 0; i <= (fieldSize - 1); i++) {
for (j = 0; j <= (fieldSize - 1); j++) {
field[i][j] = field2[i][j] = c;
c++;
}
}
field[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = field2[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = ' ';

c = 0;
while (c != nPindah) {
xOld = x;
yOld = y;
arah = acak(4);

if (arah != 0) {
if ( c != 0) {
if ((arah + 2) % 4 == arahOld) {
continue;
}
}

switch (arah) {
case atas :
if (y > 0) y--;
else continue;
break;
case kiri:
if (x > 0) x--;
else continue;
break;
case kanan :
if (x < fieldSize - 1) x++;
else continue;
break;
case bawah :
if (y < fieldSize - 1) y++;
else continue;
break;
default :
break;
}

if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
temp = field[y][x];
field[y][x] = field[yOld][xOld];
field[yOld][xOld] = temp;

c++;
arahOld = arah % 4;
} else {
x = xOld;
y = yOld;
}
}
}
}

void move(int arah) {
int xOld, yOld;
char temp;

xOld = x;
yOld = y;

switch (arah) {
case atas :
if (y > 0) y--;
break;
case kiri:
if (x > 0) x--;
break;
case kanan :
if (x < (fieldSize - 1)) x++;
break;
case bawah :
if (y < (fieldSize - 1)) y++;
break;
default :
break;
}

if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
temp = field[y][x];
field[y][x] = field[yOld][xOld];
field[yOld][xOld] = temp;
} else {
x = xOld;
y = yOld;
}
generateOutput();
}

void generateOutput() {
int i, j, k;
system("cls");
puts(caption);
puts("Tekan ESC untuk keluar / reset permainan...");
for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");

for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
if (i == y && j == x) {
printf("| %c ", field[i][j]);
} else {
printf("| %2i ", field[i][j]);
}
}
puts("|");

for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
}
}

int cekUrut() {
int c, d;
int match = true;

for (c = 0; c <= (fieldSize - 1); c++) {
for (d = 0; d <= (fieldSize - 1); d++) {
if (field[c][d] != field2[c][d]) {
if (match == true) {
match = false;
}
}
}
}
return(match);
}

int main()
{
system("color f0");
int i, j, k, level;
char key;

system("cls");
puts(caption);
puts("Mainkan puzzle dan menyusunnya menjadi urutan yang benar...");
puts("Geser kotak kosong sehingga menjadi berurutan sbg berikut : \n");
initField(0);
for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
if (i == y && j == x) {
printf("| %c ", field2[i][j]);
} else {
printf("| %2i ", field2[i][j]);
}
}
puts("|");

for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
}
puts("Gunakan tombol panah untuk menggeser kotak kosong...\n");
puts("Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan...");
getch();
for(;;) {
system("cls");
puts("Level : ");
puts("\t1. Easy");
puts("\t2. Medium");
puts("\t3. Hard");
printf("Pilih Level yang akan dimainkan : ");
scanf("%i", &level);

switch (level) {
case 1 :
initField(easy);
break;
case 2 :
initField(medium);
break;
case 3 :
initField(hard);
break;
default :
puts("Level salah!!");
getch();
continue;
}

system("cls");

generateOutput();

while ((key = getch()) != 27) {
switch(key) {
case keyUp :
move(atas);
break;
case keyDown :
move(bawah);
break;
case keyLeft :
move(kiri);
break;
case keyRight :
move(kanan);
break;
}
if (cekUrut() == true) {
puts("\nANDA MENANG!!!");
break;
}
}
if (key == 27) {
printf("Apakah anda ingin keluar ?\n['y' utk keluar / 't' utk reset] : ");
if (toupper(getchar()) == 'Y') break;
else continue;
} else {
printf("Apakah anda ingin main lagi ? [y/t] : ");
if (toupper(getchar()) == 'T') {
puts("\nTerima Kasih Telah Mencoba!!!");
getch();
break;
}
else continue;
}
}
}


Sekian dulu ya dari oe. Jangan lupa Share & Follow blog oe ya, like fanpage oe juga.

Game Balapan C++ (source code)


Nih bagi kalian yang sudah penasaran sama game balapan. Cara bikin nya sih sama seperti di Tutorial C dan C++. Create new file, beri nama, lalu klik OK. Nah oe ada source code nya, kalian bisa copy dibawah ini, untuk game balapan nya.

 

#include < iostream >
#include < windows.h >
#include < conio.h >
#include < time.h >
#include < stdlib.h >

 

#define KOTAK char(178)
#define BATAS_KIRI 16
#define BATAS_KANAN 59
#define BATANG char(219)

 

using namespace std;

 

void gotoxy(int x, int y)
{
COORD koord = {x, y};
SetConsoleCursorPosition(GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE), koord);
}

 

void Credit()
{
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 10); cout << "CONTROL";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 11); cout << "W : ATAS ";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 12); cout << "S : BAWAH";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 13); cout << "D : KANAN";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 14); cout << "A : KIRI";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 16); cout << "Twitter";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 17); cout << "@thomzgunz";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 18); cout << "Instagram";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 19); cout << "@thomas_gunawan";
}

 

void gambarLatar()
{
for(int i = 0; i <= 24; i++)
{
gotoxy(BATAS_KIRI + 3, i); cout << BATANG;
gotoxy(BATAS_KANAN - 2, i); cout << BATANG;
gotoxy(BATAS_KIRI, i); cout << KOTAK << KOTAK;
gotoxy(BATAS_KANAN, i); cout << KOTAK << KOTAK;
}
}

 

void gambarJalan(int spasi, int awal)
{
for(int i = awal + 1; i <= 24; i += spasi)
{
gotoxy(BATAS_KIRI, i - 1); cout << KOTAK << KOTAK;
gotoxy(BATAS_KANAN, i - 1); cout << KOTAK << KOTAK;
gotoxy(BATAS_KIRI, i); cout << " ";
gotoxy(BATAS_KANAN, i); cout << " ";
}
}

 

int abs(int a)
{
if(a < 0) return -a;
}

 

void batangDarah(int a)
{
gotoxy(1, 4);
cout << "HEALTH : ";
gotoxy(1, 5);
for(int i = 1; i <= a / 10; i++)
{
cout << BATANG;
}
for(int i = 1; i <= 10 - (a / 10); i++)
{
cout << KOTAK;
}
}

 

void jarak(int iJarak)
{
gotoxy(1, 7);
cout << "JARAK :";
gotoxy(1, 8);
cout << iJarak;
}

 

void Speed(int speed)
{
gotoxy(1, 10);
cout << "KECEPATAN :";
gotoxy(1, 11);
cout << " ";
gotoxy(1, 11);
cout << speed;
}

 

class car
{
public :
int x,y,darah, kebal;
bool exis;
string gambar[5];
car()
{
x = 25;
y = 20;
exis = false;
darah = 100;
kebal = 0;
gambar[0] = " - ";
gambar[1] = "0+1";
gambar[2] = " + ";
gambar[3] = "0+1";
}
void setPos(int a, int b)
{
x = a;
y = b;
}
void keKiri()
{
if(x > 20)
{
hapus();
x -= 1;
}
}
void keKanan()
{
if(x + 2 < 56)
{
hapus();
x += 1;
}
}
void keBawah()
{
if(y + 3 <= 23)
{
hapus();
y += 1;
}
}
void keAtas()
{
if(y + 3 > 3)
{
hapus();
y -= 1;
}
}
void hapus()
{
gotoxy(x+1, y); cout << " ";
gotoxy(x, y+1); cout << " ";
gotoxy(x+1, y+2); cout << " ";
gotoxy(x, y+3); cout << " ";
}
bool cekTabrakan(car a)
{
if((a.y >= y && a.y <= y+3) && (abs(a.x - x) < 3))
{
return true;
}
else
{
return false;
}
}
void gores()
{
for(int i = y; i <= (y + 3); i++)
{
gotoxy(x, i);
for(int j = 0; j < gambar[i - y].length(); j++)
{
if(gambar[i - y][j] == '0') cout << char(221); else
if(gambar[i - y][j] == '1') cout << char(222); else
if(gambar[i - y][j] == '+') cout << BATANG; else
if(gambar[i - y][j] == '-') cout << char(220); else
cout << " ";
}
}
}
void buatGambar()
{
if(kebal == 0)
{
gores();
}
else
{
if(kebal % 2 == 0)
{
gores();
}
else
{
hapus();
}
}
}
};

 

void tulisTengah(string s, int y)
{
gotoxy(40 - (s.length() / 2), y);
cout << s;
}

 

void tidur(int a)
{
time_t now = clock();
while((clock() - now) < a) {};
}

 

void opening()
{
tulisTengah("Bersedia", 10);
tidur(1000);
tulisTengah(" ", 10);
tulisTengah("3", 10);
tidur(1000);
tulisTengah("2", 10);
tidur(1000);
tulisTengah("1", 10);
tidur(1000);
tulisTengah(" ", 10);
}

 

int main()
{
system("color f0");
int spk = 0;
float fSpk = 0;
while(spk <= 0)
{
system("cls");
tulisTengah("==============================", 7);
tulisTengah("GAME BALAP by ThomasCode v 1.0", 8);
tulisTengah("==============================", 9);
tulisTengah("Masukkan Tingkat Kesulitan [Berupa Angka]", 11);
tulisTengah("Semakin besar angka nya semakin mudah", 12);
tulisTengah("Minimal sampai 99", 13);
tulisTengah("Follow Me :",19);
tulisTengah("Twitter : @thomzgunz | Fb : thomas gunawan part I | WA : 085712475303", 20);
tulisTengah("Line : @thomasgunawan_s | IG : thomas_gunawan | Bigo : thomas gunawan", 21);
tulisTengah("Masukkan angka [ besar dari 0 ]: ", 14);
cin >> fSpk;
spk = (int) fSpk;
}
system("cls");
srand(clock());
car pemainUtama;
car enemy[4];
char control = ' ';
enemy[0].setPos(20 + rand()%34, 0);
enemy[1].setPos(20 + rand()%34, 0);
enemy[2].setPos(20 + rand()%34, 0);
enemy[0].exis = true;
bool mulai = false;
int spasi = 8, awal = 0, nMusuh = 0, iJarak = 0;
batangDarah(pemainUtama.darah);
float before = clock();
gambarLatar();
Credit();
while(pemainUtama.darah > 0 && (spk - iJarak / 200) > 0)
{
Speed(spk - iJarak / 200);
iJarak++;
if(awal > 8) awal = 0;
gambarJalan(spasi, awal);
awal++;
if(kbhit())
{
control = getch();
control = toupper(control);
}
switch (control)
{
case 'W' : pemainUtama.keAtas(); break;
case 'S' : pemainUtama.keBawah(); break;
case 'D' : pemainUtama.keKanan(); break;
case 'A' : pemainUtama.keKiri(); break;
}
pemainUtama.buatGambar();

for(int i = 0; i <= 2; i++)
{
if(enemy[i].exis == true)
{
enemy[i].keBawah();
enemy[i].buatGambar();
if(enemy[i].y > 20)
{
enemy[i].hapus();
enemy[i].y = 0;
enemy[i].x = 20 + rand()%34;
enemy[i].exis = false;
nMusuh++;
}
if(enemy[i].cekTabrakan(pemainUtama))
{
if(pemainUtama.kebal == 0)
{
pemainUtama.darah -= 10;
pemainUtama.kebal = 45;
batangDarah(pemainUtama.darah);
}
}
}
else
{
nMusuh = i - 1;
if(nMusuh < 0) nMusuh = 3;
if(enemy[nMusuh].y >= 7)
{
enemy[i].exis = true;
}
}
if(pemainUtama.kebal > 0)
{
pemainUtama.kebal--;
}
jarak(iJarak);
}
if(mulai == false)
{
opening();
mulai = true;
}
control = ' ';
tidur(spk - iJarak / 200);
}
spk -= iJarak / 200;
system("cls");
gotoxy(20, 12); cout << "Game Berakhir Score Anda : " << (iJarak / spk) + pemainUtama.darah * 100;
gotoxy(20, 13); cout << "Total Waktu Bermain : " << (clock() - before) / 1000 << " Detik";
tulisTengah("=========================================", 16);
tulisTengah("Terimakasih telah bermain.", 17);
tulisTengah("Kunjungi tokhimashu.blogspot.com", 18);
tulisTengah("dan follow @thomzgunz untuk game lainnya", 19);
tulisTengah("=========================================", 20);
tidur(5000);
getch();
}

Nih contoh codingan yang full nya, bisa kalian copy.

 

#include < iostream >
#include < windows.h >
#include < conio.h >
#include < time.h >
#include < stdlib.h >

#define KOTAK char(178)
#define BATAS_KIRI 16
#define BATAS_KANAN 59
#define BATANG char(219)

using namespace std;

void gotoxy(int x, int y)
{
COORD koord = {x, y};
SetConsoleCursorPosition(GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE), koord);
}

void Credit()
{
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 10); cout << "CONTROL";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 11); cout << "W : ATAS ";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 12); cout << "S : BAWAH";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 13); cout << "D : KANAN";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 14); cout << "A : KIRI";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 16); cout << "Twitter";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 17); cout << "@thomzgunz";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 18); cout << "Instagram";
gotoxy(BATAS_KANAN + 5, 19); cout << "@thomas_gunawan";
}

void gambarLatar()
{
for(int i = 0; i <= 24; i++)
{
gotoxy(BATAS_KIRI + 3, i); cout << BATANG;
gotoxy(BATAS_KANAN - 2, i); cout << BATANG;
gotoxy(BATAS_KIRI, i); cout << KOTAK << KOTAK;
gotoxy(BATAS_KANAN, i); cout << KOTAK << KOTAK;
}
}

void gambarJalan(int spasi, int awal)
{
for(int i = awal + 1; i <= 24; i += spasi)
{
gotoxy(BATAS_KIRI, i - 1); cout << KOTAK << KOTAK;
gotoxy(BATAS_KANAN, i - 1); cout << KOTAK << KOTAK;
gotoxy(BATAS_KIRI, i); cout << " ";
gotoxy(BATAS_KANAN, i); cout << " ";
}
}

int abs(int a)
{
if(a < 0) return -a;
}

void batangDarah(int a)
{
gotoxy(1, 4);
cout << "HEALTH : ";
gotoxy(1, 5);
for(int i = 1; i <= a / 10; i++)
{
cout << BATANG;
}
for(int i = 1; i <= 10 - (a / 10); i++)
{
cout << KOTAK;
}
}

void jarak(int iJarak)
{
gotoxy(1, 7);
cout << "JARAK :";
gotoxy(1, 8);
cout << iJarak;
}

void Speed(int speed)
{
gotoxy(1, 10);
cout << "KECEPATAN :";
gotoxy(1, 11);
cout << " ";
gotoxy(1, 11);
cout << speed;
}

class car
{
public :
int x,y,darah, kebal;
bool exis;
string gambar[5];
car()
{
x = 25;
y = 20;
exis = false;
darah = 100;
kebal = 0;
gambar[0] = " - ";
gambar[1] = "0+1";
gambar[2] = " + ";
gambar[3] = "0+1";
}
void setPos(int a, int b)
{
x = a;
y = b;
}
void keKiri()
{
if(x > 20)
{
hapus();
x -= 1;
}
}
void keKanan()
{
if(x + 2 < 56)
{
hapus();
x += 1;
}
}
void keBawah()
{
if(y + 3 <= 23)
{
hapus();
y += 1;
}
}
void keAtas()
{
if(y + 3 > 3)
{
hapus();
y -= 1;
}
}
void hapus()
{
gotoxy(x+1, y); cout << " ";
gotoxy(x, y+1); cout << " ";
gotoxy(x+1, y+2); cout << " ";
gotoxy(x, y+3); cout << " ";
}
bool cekTabrakan(car a)
{
if((a.y >= y && a.y <= y+3) && (abs(a.x - x) < 3))
{
return true;
}
else
{
return false;
}
}
void gores()
{
for(int i = y; i <= (y + 3); i++)
{
gotoxy(x, i);
for(int j = 0; j < gambar[i - y].length(); j++)
{
if(gambar[i - y][j] == '0') cout << char(221); else
if(gambar[i - y][j] == '1') cout << char(222); else
if(gambar[i - y][j] == '+') cout << BATANG; else
if(gambar[i - y][j] == '-') cout << char(220); else
cout << " ";
}
}
}
void buatGambar()
{
if(kebal == 0)
{
gores();
}
else
{
if(kebal % 2 == 0)
{
gores();
}
else
{
hapus();
}
}
}
};

void tulisTengah(string s, int y)
{
gotoxy(40 - (s.length() / 2), y);
cout << s;
}

void tidur(int a)
{
time_t now = clock();
while((clock() - now) < a) {};
}

void opening()
{
tulisTengah("Bersedia", 10);
tidur(1000);
tulisTengah(" ", 10);
tulisTengah("3", 10);
tidur(1000);
tulisTengah("2", 10);
tidur(1000);
tulisTengah("1", 10);
tidur(1000);
tulisTengah(" ", 10);
}

int main()
{
system("color f0");
int spk = 0;
float fSpk = 0;
while(spk <= 0)
{
system("cls");
tulisTengah("==============================", 7);
tulisTengah("GAME BALAP by ThomasCode v 1.0", 8);
tulisTengah("==============================", 9);
tulisTengah("Masukkan Tingkat Kesulitan [Berupa Angka]", 11);
tulisTengah("Semakin besar angka nya semakin mudah", 12);
tulisTengah("Minimal sampai 99", 13);
tulisTengah("Follow Me :",19);
tulisTengah("Twitter : @thomzgunz | Fb : thomas gunawan part I | WA : 085712475303", 20);
tulisTengah("Line : @thomasgunawan_s | IG : thomas_gunawan | Bigo : thomas gunawan", 21);
tulisTengah("Masukkan angka [ besar dari 0 ]: ", 14);
cin >> fSpk;
spk = (int) fSpk;
}
system("cls");
srand(clock());
car pemainUtama;
car enemy[4];
char control = ' ';
enemy[0].setPos(20 + rand()%34, 0);
enemy[1].setPos(20 + rand()%34, 0);
enemy[2].setPos(20 + rand()%34, 0);
enemy[0].exis = true;
bool mulai = false;
int spasi = 8, awal = 0, nMusuh = 0, iJarak = 0;
batangDarah(pemainUtama.darah);
float before = clock();
gambarLatar();
Credit();
while(pemainUtama.darah > 0 && (spk - iJarak / 200) > 0)
{
Speed(spk - iJarak / 200);
iJarak++;
if(awal > 8) awal = 0;
gambarJalan(spasi, awal);
awal++;
if(kbhit())
{
control = getch();
control = toupper(control);
}
switch (control)
{
case 'W' : pemainUtama.keAtas(); break;
case 'S' : pemainUtama.keBawah(); break;
case 'D' : pemainUtama.keKanan(); break;
case 'A' : pemainUtama.keKiri(); break;
}
pemainUtama.buatGambar();

for(int i = 0; i <= 2; i++)
{
if(enemy[i].exis == true)
{
enemy[i].keBawah();
enemy[i].buatGambar();
if(enemy[i].y > 20)
{
enemy[i].hapus();
enemy[i].y = 0;
enemy[i].x = 20 + rand()%34;
enemy[i].exis = false;
nMusuh++;
}
if(enemy[i].cekTabrakan(pemainUtama))
{
if(pemainUtama.kebal == 0)
{
pemainUtama.darah -= 10;
pemainUtama.kebal = 45;
batangDarah(pemainUtama.darah);
}
}
}
else
{
nMusuh = i - 1;
if(nMusuh < 0) nMusuh = 3;
if(enemy[nMusuh].y >= 7)
{
enemy[i].exis = true;
}
}
if(pemainUtama.kebal > 0)
{
pemainUtama.kebal--;
}
jarak(iJarak);
}
if(mulai == false)
{
opening();
mulai = true;
}
control = ' ';
tidur(spk - iJarak / 200);
}
spk -= iJarak / 200;
system("cls");
gotoxy(20, 12); cout << "Game Berakhir Score Anda : " << (iJarak / spk) + pemainUtama.darah * 100;
gotoxy(20, 13); cout << "Total Waktu Bermain : " << (clock() - before) / 1000 << " Detik";
tulisTengah("=========================================", 16);
tulisTengah("Terimakasih telah bermain.", 17);
tulisTengah("Kunjungi tokhimashu.blogspot.com", 18);
tulisTengah("dan follow @thomzgunz untuk game lainnya", 19);
tulisTengah("=========================================", 20);
tidur(5000);
getch();
}


Sekian dulu ya dari oe. Jangan lupa Share & Follow blog oe ya, like fanpage oe juga.

Bikin Game di C / C++


Oiii... oii.. semua, oiya nih kemarin ada yang request program nih. Dia minta dibikinin contoh program cara membuat game dengan bahasa C atau C++ lho. Kalian juga heran kan? program C bisa dibuat jadi bentuk game. Ngga perlu heran kali, nih oe kasih tau caranya.

Ada macam-macam program yang oe udah bikin nih. Misalnya kayak Balapan yang ada di gamebot, puzzle mirip gadgenya yang di windows 7 (picture puzzle), atau snake yang ada di handphone nokia jaman dulu.

Berikut contoh gambarnya.

Balapan.

Puzzle.

Snake.

Nah udah pada makin penasaran kan? :D Kalian bisa pilih game mana yang mau kalian coba dulu.
Balapan.
Puzzle.
Snake.

Atau kalian bisa ikuti postingan blog oe selanjutnya. Sekian dulu ya dari oe. Jangan lupa Share & Follow blog oe ya, Like fanpage oe juga ^-^