Senin, 07 Mei 2012

Class, Method dan Modifier di Java, C# dan C++ || OOP

Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.


Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil. Setiap method yang menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.

Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.

Modifier adalah ruang lingkup aksesibilitas dari sebuah Obyek dan anggotanya. Kita dapat mengontrol ruang lingkup objek anggota kelas menggunakan access modifier. Kita menggunakan access modifier untuk menyediakan keamanan Code yang kita Buat.


Gan,, ane bosen nerangin tentang ini,, soalnya pada postingan yang lalu udah ane jelasin :D
Langsung aja pada Contoh Programnya yak . . .

Csharp


class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
Satu s = new Satu(); //--->bikin object s

Console.Write("Masukkan nilai = ");
s.d = Convert.ToByte(Console.ReadLine());
s.Tes4(s.d);


Console.Write("\nPress any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}

class Satu //--->Class
{
byte a = 10; //field modifier default
private byte b; //field modifier private
protected byte c; //field modifier protected
public byte d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default
{
Console.WriteLine("Testing 1");
}

private void Tes2() //---> method modifier private
{
Console.WriteLine("Testing 2");
}

protected void Tes3() //---> method modifier protected
{
Console.WriteLine("Testing 3");
}

public void Tes4(byte i) //---> method modifier public
{
Console.WriteLine("nilai = {0}",i);
}
}

Java


package OOPpraktikum;
import java.util.*;

public class MainClass
{
private static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static void main(String[] args)
{
Satu s = new Satu(); //--->bikin object s

System.out.print("Masukkan nilai = ");
s.d = input.nextByte();
s.Tes4(s.d);

System.out.println("\nPress any key to continue . . . ");

}

}

public class Satu //--->Class
{
byte a = 10; //field modifier default
private byte b; //field modifier private
protected byte c; //field modifier protected
public byte d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default
{
System.out.println("Testing 1");
}

private void Tes2() //---> method modifier private
{
System.out.println("Testing 2");
}

protected void Tes3() //---> method modifier protected
{
System.out.println("Testing 3");
}

public void Tes4(byte i) //---> method modifier public
{
System.out.println("nilai = "+i);
}
}

C++




  

#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Satu //--->Class
{
int a; //field modifier default
private : int b; //field modifier private
protected : int c; //field modifier protected
public : int d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default
{
cout<<"Testing 1"<<endl;
}

private : void Tes2() //---> method modifier private
{
cout<<"Testing 2"<<endl;
}

protected : void Tes3() //---> method modifier protected
{
cout<<"Testing 3"<<endl;
}

public : void Tes4(int i) //---> method modifier public
{
cout<<"nilai = "<<i<<endl;
}
};

int main(int argc, char *argv[])
{
Satu s; //--->bikin object
cout<<"masukan nilai = ";
cin>>s.d;
s.Tes4(s.d);

system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}

0 komentar:

Posting Komentar