TUTORIAL CODEIGNITER : APLIKASI WEBSITE / BLOG (WEBLOG) SEDERHANA DENGAN CODEIGNITER

Oke gan, langsung saja untuk screen shoot contoh aplikasi website, weblog, blog dengan codeigniter yang ane kasi, seperti di bawah ini...

Tutorial HTML

HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML tampilan web terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti ...

TUTORIAL ORACLE - KONEKSI ORACLE KE JAVA, PHP DAN C# (C-SHARP)

Disitu juga ane kasi contoh aplikasi CRUD nya yang bisa ente download Gratisss :D ...

Kamis, 10 Mei 2012

Abstract Class di Java, C# dan C++

Abstract class adalah class yang tidak bisa dibuat secara instan sebagaimana class pada umumnya. Abstract class harus di implementasikan pada class turunan dari class Abstract tersebut. Abstract class berisi berisi sebuah method abstract dan method default yang bisa di override pada class turunan. Tidak semua bahasa pemrograman yang mendukung OOP mempunyai abstract class dan abstract method Seperti halnya c++. Maka dalam contoh code program Abstract class c++ harus menggunakan Class biasa dan virtual method agar bisa di override pada class turunannya.



Csharp


using System;

namespace OOPpraktikum
{
class Program
{
static Implementasi imp = new Implementasi();
public static void Main(string[] args)
{
string nama = "Muhammad Rizal Afani";
string alamat = "Banyuwangi";
string telp = "303058";
string NIM = "1110100601";
string Jurusan = "Tehnik Informatika";

imp.ShowKTP(nama,alamat,telp);
imp.ShowMHS(nama,NIM,Jurusan,telp);

Console.Write("\nPress any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}

abstract class Abs // --- >Abstrak Class
{
public abstract void ShowKTP(string nama,string alamat,string tlp); // ---> Abstrak method
public void ShowMHS(string nama,string nim,string prodi,string tlp)
{
Console.WriteLine("MHS");
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Nama anda : {0}",nama);
Console.WriteLine("NIM : {0}",nim);
Console.WriteLine("Prodi : {0}",prodi);
Console.WriteLine("No Telp : {0}",tlp);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
}
}

class Implementasi : Abs
{
public override void ShowKTP(string nama, string alamat, string tlp)
{
Console.WriteLine("KTP");
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Nama anda : {0}",nama);
Console.WriteLine("Alamat : {0}",alamat);
Console.WriteLine("No Telp : {0}",tlp);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
}
}
}

Java


package OOPpraktikum;
import java.util.*;

public class MainClass
{
private static Scanner input = new Scanner(System.in);
static Implementasi imp = new Implementasi();

public static void main(String[] args)
{
String nama = "Muhammad Rizal Afani";
String alamat = "Banyuwangi";
String telp = "303058";
String NIM = "1110100601";
String Jurusan = "Tehnik Informatika";

imp.ShowKTP(nama,alamat,telp);
imp.ShowMHS(nama,NIM,Jurusan,telp);

System.out.println("\nPress any key to continue . . . ");

}

}

abstract class Abs // --- >Abstrak Class
{
public abstract void ShowKTP(String nama,String alamat,String tlp); // ---> Abstrak method
public void ShowMHS(String nama,String nim,String prodi,String tlp)
{
System.out.println("MHS");
System.out.println();
System.out.println("Nama anda : "+nama);
System.out.println("NIM : "+nim);
System.out.println("Prodi : "+prodi);
System.out.println("No Telp : "+tlp);
System.out.println();
System.out.println();
}
}

class Implementasi extends Abs
{
@Override
public void ShowKTP(String nama, String alamat, String tlp)
{
System.out.println("KTP");
System.out.println();
System.out.println("Nama anda : "+nama);
System.out.println("Alamat : "+alamat);
System.out.println("No Telp : "+tlp);
System.out.println();
System.out.println();
}
}


C++


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Abs
{
public : virtual void ShowKTP(string nama,string alamat,string tlp) = 0; // ---> Abstrak method
public : void ShowMHS(string nama,string nim,string prodi,string tlp)
{
cout<<"MHS"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Nama anda : "<<nama<<endl;
cout<<"NIM : "<<nim<<endl;
cout<<"Prodi : "<<prodi<<endl;
cout<<"No Telp : "<<tlp<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
}
};

class Implementasi : public Abs
{
public : void ShowKTP(string nama, string alamat, string tlp)
{
cout<<"KTP"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Nama anda : "<<nama<<endl;
cout<<"Alamat : "<<alamat<<endl;
cout<<"No Telp : "<<tlp<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
}
};

int main(int argc, char *argv[])
{
Implementasi imp;


string nama = "Muhammad Rizal Afani";
string alamat = "Banyuwangi";
string telp = "303058";
string NIM = "1110100601";
string Jurusan = "Tehnik Informatika";

imp.ShowKTP(nama,alamat,telp);
imp.ShowMHS(nama,NIM,Jurusan,telp);

cout<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}



Senin, 07 Mei 2012

Inner Class Java, C# dan C++

Inner class adalah sebuah class yang di buat didalam sebuah class dan mempunyai karakteristik seperti class – class pada umumnya. Salah satunya bisa menjadi class turunan. Untuk pemanggilan inner class harus terlebih dahulu memanggil class luarnya. Manfaat penggunaan fitur inner class ini adalah untuk melakukan pengelompokan kode program.



Csharp


using System;

namespace NestedClass
{
class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
satu s = new satu();
satu.dua sd = new NestedClass.satu.dua();

//persegi
Console.ForegroundColor = ConsoleColor.Red;
Console.WriteLine("Menghitung Luas Persegi");
Console.ForegroundColor = ConsoleColor.White;
Console.WriteLine();
Console.Write("Masukkan sisi persegi = ");
s.A = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.WriteLine("Luas Persegi = {0}",s.Persegi());
Console.WriteLine("\n\n");

//persegi panjang

Console.ForegroundColor = ConsoleColor.Red;
Console.WriteLine("Menghitung Luas Persegi Panjang");
Console.ForegroundColor = ConsoleColor.White;
Console.WriteLine();
Console.Write("Masukkan Panjang = ");
sd.A = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukkan Lebar = ");
sd.B = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.WriteLine("Luas Persegi Panjang = {0}",sd.PersegiPanjang());

Console.Write("\n\nPress any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}

class satu
{
protected int a;
protected int b;

public int A
{
get { return a; }
set { a = value; }
}

public int B
{
get { return b; }
set { b = value; }
}

public int Persegi()
{
return A*4;
}

public class dua : satu
{
public int PersegiPanjang()
{
return A*B;
}
}
}
}

Java


package NestedClass;

import NestedClass.Satu.Dua;
import java.util.Scanner;

public class MainClass
{

private static Scanner baca = new Scanner(System.in);
public static void main(String[] args)
{
Satu s = new Satu();
Satu.Dua sd = s.new Dua();
int a,b;

//persegi
System.out.println("Menghitung Luas Persegi");
System.out.println();
System.out.print("Masukkan sisi persegi = ");
a = baca.nextInt();
s.setA(a);
System.out.println("Luas Persegi = "+s.Persegi());
System.out.println("\n\n");

//persegi panjang

System.out.println("Menghitung Luas Persegi Panjang");
System.out.println();
System.out.print("Masukkan Panjang = ");
a = baca.nextInt();
System.out.print("Masukkan Lebar = ");
b = baca.nextInt();
sd.setA(a);
sd.setB(b);
System.out.println("Luas Persegi Panjang = "+sd.PersegiPanjang());

System.out.print("\n\nPress any key to continue . . . ");

}
}

class Satu
{
protected int a,b;

public void setA(int x)
{
this.a = x;
}

public int GetA()
{
return a;
}

public void setB(int y)
{
this.b = y;
}

public int GetB()
{
return b;
}

public int Persegi()
{
return GetA()*4;
}

class Dua extends Satu
{
public int PersegiPanjang()
{
return GetA()*GetB();
}
}
}


C++


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Satu
{
protected : int a,b;

public :
void setA(int x)
{
a = x;
//cout<<a;
}

int GetA()
{
return a;
}

void setB(int y)
{
b = y;
}

int GetB()
{
return b;
}

int Persegi()
{
return GetA()*4;
}

class Dua;
};

class Satu::Dua : public Satu
{
public : void Show()
{
cout<<"Halo"<<endl;
}
public:
int PersegiPanjang()
{
return GetA()*GetB();
}
};

int main(int argc, char *argv[])
{
Satu s;
Satu::Dua sd;

int a,b;

//persegi
cout<<"Menghitung Luas Persegi"<<endl<<endl;
cout<<"Masukkan sisi persegi = ";
cin>>a;
s.setA(a);
cout<<"Luas Persegi = "<<s.Persegi()<<endl;
cout<<endl<<endl<<endl;

//persegi panjang

cout<<"Menghitung Luas Persegi Panjang"<<endl<<endl;
cout<<"Masukkan Panjang = ";
cin>>a;
cout<<"Masukkan Lebar = ";
cin>>b;
sd.setA(a);
sd.setB(b);
cout<<"Luas Persegi Panjang = "<<sd.PersegiPanjang()<<endl<<endl<<endl;

system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}


Inheritance (penurunan) di Java, C# dan C++ || OOP

Inheritance adalah salah satu fitur OOP yang sangat penting, Inheritance adalah penurunan sifat dari suatu Class ke kelas yang lain. Tidak semua sifat bisa diturunkan ke Class turunan tetapi hanya filed dan method yang punya modifier public dan protected yang bisa di turunkan.


Manfaat Inheritance :

  • Inheritance memungkinkan untuk menciptakan sebuah class dari class yang sudah ada.
  • Ketika sebuah class diturunkan dari class yang sudah ada maka class tersebut mewarisi semua method dan field dari class orangtuanya.
  • Class turunan juga mewarisi bentuk dari class orang tua. Artinya objek dari class anak dapat dikenali sebagai objek dari class orang tua.



Csharp


class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
string nama = "Ahmad Rizal Afani";
string alamat = "Banyuwangi";
string telp = "01234567";
string prodi = "tehnik informatika";
string NIM = "1110100601";

MHS m = new MHS();
m.ShowKTP(nama,alamat,telp);
m.ShowMHS(nama,NIM,prodi,telp);


Console.WriteLine();
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
class KTP
{

public KTP()
{
Console.WriteLine(" ==================================");
Console.WriteLine(" = Inheritance =");
Console.WriteLine(" ==================================");
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
}

public void ShowKTP(string nama,string alamat,string tlp)
{
Console.WriteLine("KTP");
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Nama anda : {0}",nama);
Console.WriteLine("Alamat : {0}",alamat);
Console.WriteLine("No Telp : {0}",tlp);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
}
}
class MHS : KTP
{
public MHS()
{

}
public void ShowMHS(string nama,string nim,string prodi,string tlp)
{
Console.WriteLine("MHS");
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Nama anda : {0}",nama);
Console.WriteLine("NIM : {0}",nim);
Console.WriteLine("Prodi : {0}",prodi);
Console.WriteLine("No Telp : {0}",tlp);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
}
}

Java


package Inheritance;

public class MainClass
{
public static void main(String[] args)
{
String nama = "Ahmad Rizal Afani";
String alamat = "Banyuwangi";
String telp = "01234567";
String prodi = "tehnik informatika";
String NIM = "1110100601";

MHS m = new MHS();

m.ShowKTP(nama,alamat,telp);
m.ShowMHS(nama,NIM,prodi,telp);

}
}
class KTP
{

public KTP()
{
System.out.println(" ==================================");
System.out.println(" = Inheritance =");
System.out.println(" ==================================");
System.out.println();
System.out.println();
System.out.println();
}

public void ShowKTP(String nama,String alamat,String tlp)
{
System.out.println("KTP");
System.out.println();
System.out.println("Nama anda : "+nama);
System.out.println("Alamat : "+alamat);
System.out.println("No Telp : "+tlp);
System.out.println();
System.out.println();
}
}
class MHS extends KTP
{
public MHS()
{

}
public void ShowMHS(String nama,String nim,String prodi,String tlp)
{
System.out.println("MHS");
System.out.println();
System.out.println("Nama anda : "+nama);
System.out.println("NIM : "+nim);
System.out.println("Prodi : "+prodi);
System.out.println("No Telp : "+tlp);
System.out.println();
System.out.println();
}
}


C++


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class KTP
{
public : KTP()
{
cout<<" =================================="<<endl;
cout<<" = Inheritance ="<<endl;
cout<<" =================================="<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
}

public : void ShowKTP(string nama,string alamat,string tlp)
{
cout<<"KTP"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Nama anda : "<<nama<<endl;
cout<<"Alamat : "<<alamat<<endl;
cout<<"No Telp : "<<tlp<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
}
};
class MHS : public KTP
{
public : MHS()
{

}
public : void ShowMHS(string nama,string nim,string prodi,string tlp)
{
cout<<"MHS"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Nama anda : "<<nama<<endl;
cout<<"NIM : "<<nim<<endl;
cout<<"Prodi : "<<prodi<<endl;
cout<<"No Telp : "<<tlp<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
}
};

int main(int argc, char *argv[])
{
string nama = "Ahmad Rizal Afani";
string alamat = "Banyuwangi";
string telp = "01234567";
string prodi = "tehnik informatika";
string NIM = "1110100601";

MHS m;

m.ShowKTP(nama,alamat,telp);
m.ShowMHS(nama,NIM,prodi,telp);

cout<<endl;
cout<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}

Program diatas mencontohkan Class KTP menjadi Class induk yang mewariskan Method dan Filednya pada Class MHS, jadi Class MHS tu Class turunan dari Class KTP, Jadi kalo Class MHS butuh method yang isi programnya sama atau field gak perlu nulis lagi :D

Polymorphisme Overload Override Java, C# dan C++ || OOP


Overloading adalah suatu cara untuk memberikan nama yang sama kepada dua method yang berbeda meski dua method tersebut berada dalam class yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membedakan tipe parameter, jumlah parameter dan susunan parameter, Manfaat penggunaan overloading adalah agar method yang mempunyai tingkah yang hampir sama mudah diingat oleh developer software.

Overriding digunakan oleh Class Turunan yang berusaha memodifikasi tingkah laku yang diwarisi dari Class Induk. Tujuannya adalah supaya  Class turunan memiliki tingkah laku yang lebih spesifik. Ini dilakukan dengan  cara mendeklarasikan kembali method milik parent class di Class turunan.


Csharp


class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
Satu s = new Satu();

s.Tes();
s.Tes("Csharp");
s.Tes("Csharp",2);
s.Tes2();
s = new Dua();
s.Tes2();

Console.Write("\nPress any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}

class Satu
{
public void Tes() //---> overload method
{
Console.WriteLine("Testing");
}

public void Tes(string a) //---> overload method
{
Console.WriteLine("Testing {0}",a);
}

public void Tes(string a,int b) //---> overload method
{
Console.WriteLine("Testing {0} ke {1}",a,b);
}

public virtual void Tes2()
{
Console.WriteLine("Override 1");
}
}

class Dua : Satu
{
public override void Tes2() //---> override
{
Console.WriteLine("Override 2");
}
}

Java


package OOPpraktikum;
import java.util.*;

public class MainClass
{
private static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static void main(String[] args)
{
Satu s = new Satu();

s.Tes();
s.Tes("Csharp");
s.Tes("Csharp",2);
s.Tes2();
s = new Dua();
s.Tes2();

System.out.println("\nPress any key to continue . . . ");

}

}

class Satu
{
public void Tes() //---> overload method
{
System.out.println("Testing");
}

public void Tes(String a) //---> overload method
{
System.out.println("Testing "+a);
}

public void Tes(String a,int b) //---> overload method
{
System.out.println("Testing "+a+" ke "+b);
}

public void Tes2()
{
System.out.println("Override 1");
}
}

class Dua extends Satu
{
@Override
public void Tes2() //---> override
{
System.out.println("Override 2");
}
}

C++

#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Satu //--->Class
{
public :
void Tes() //---> overload method
{
cout<<"Testing"<<endl;
}

void Tes(string a) //---> overload method
{
cout<<"Testing "<<a<<endl;
}

void Tes(string a,int b) //---> overload method
{
cout<<"Testing "<<a<<" ke "<<b<<endl;
}
virtual void Tes2()
{
cout<<"Override 1"<<endl;
}
};

class Dua : public Satu
{
public :
void Tes2() //--->override
{
cout<<"Override 2"<<endl;
}
};

int main(int argc, char *argv[])
{
Satu s;
Dua d;
Satu *c;

s.Tes();
s.Tes("Csharp");
s.Tes("Csharp",2);

s.Tes2();
c = &d;
c->Tes2();

cout<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}


Contoh program diatas punya 2 kelas selain class main, pada class Satu ada beberapa method yang sama namanya tapi pada parameternya berbeda . . itu contoh method overloadnya, trus pada class Dua itu contoh method overridenya,, method itu menulis ulang method virtual yang d turunkan oleh Class Satu,, perintah pada method override boleh berbeda dari method aslinya, ya sebernya si memang gunanya override untuk memodifikasi isi dari method asalnya . . .
smoga bisa dicopy n dipahami contoh kode program di atass . .
hehehehehehe

Information Hidding dan Encapsulation di Java, C# dan C++ || OOP


Information hidding adalah Penyembunyian sebuah Filed dari kelas lain agar tidak bisa di akses secara langsung. Information Hidding di lakukan dengan cara memberikan modifier private pada filed yang di sembunyikan dari kelas lain.

Encapsulation adalah proses pengelompokan Filed dan method dengan memberikan hak akses kepada Filed dan method sehingga Filed hanya dapat di akses melalui method accessor.

Berikut ini keuntungan dari prinsip encapsulation :
  • Bersifat independen. Suatu modul yang terenkapsulasi dengan baik akan bersifat independen dari yang lain. Sehingga dapat digunakan pada bagian manapun dari program.
  • Bersifat transparan. Jika Anda melakukan modifikasi pada suatu modul, maka perubahan tersebut akan dirasakan oleh semua bagian yang menggunakan modul tersebut.
  • Menghindari dari efek yang diluar perencanaan. Modul yang terenkapsulasi dengan baik hanya akan berinteraksi dengan bagian program melalui variable input dan output yang telah didefinisikan sebelumnya. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan bug.


Csharp

class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
Satu s = new Satu();

Console.Write("Input satu = ");
s.A = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write("Input dua = ");
s.B = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());

Console.WriteLine("Hasil Penjumlahan = {0}",s.HasilJumlah());
Console.WriteLine("Hasil Pengurangan = {0}",s.HasilKurang());

Console.Write("\nPress any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}

class Satu
{
private int a; //information hidding
private int b;

public int A // ---> encapsulation
{
get { return a; }
set { a = value; }
}

public int B
{
get { return b; }
set { b = value; }
}

public int HasilJumlah()
{
return A+B;
}

public int HasilKurang()
{
return A-B;
}
}



Java


package OOPpraktikum;
import java.util.*;

public class MainClass
{
private static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static void main(String[] args)
{
Satu s = new Satu();

int a,b;
System.out.print("Input satu = ");
a = input.nextInt();
s.setA(a);
System.out.print("Input dua = ");
b = input.nextInt();
s.setB(b);

System.out.println("Hasil Penjumlahan = "+s.HasilJumlah());
System.out.println("Hasil Pengurangan = "+s.HasilKurang());

System.out.println("\nPress any key to continue . . . ");

}

}

class Satu
{
private int a; //information hidding
private int b;

public void setA(int a) //--->encapsulation
{
this.a = a;
}

public int getA() //--->encapsulation
{
return this.a;
}

public void setB(int b)
{
this.b = b;
}

public int getB()
{
return this.b;
}

public int HasilJumlah()
{
return getA()+getB();
}

public int HasilKurang()
{
return getA()-getB();
}
}


C++


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Satu //--->Class
{
private : int a; //information hidding
private : int b;

public : void setA(int c) //--->encapsulation
{
a = c;
}

public : int getA() //--->encapsulation
{
return a;
}

public : void setB(int d)
{
b = d;
}

public : int getB()
{
return b;
}

public : int HasilJumlah()
{
return getA()+getB();
}

public : int HasilKurang()
{
return getA()-getB();
}
};

int main(int argc, char *argv[])
{
Satu s;

int a,b;
cout<<"Input satu = ";
cin>>a;
s.setA(a);
cout<<"Input dua = ";
cin>>b;
s.setB(b);

cout<<"Hasil Penjumlahan = "<<s.HasilJumlah()<<endl;
cout<<"Hasil Pengurangan = "<<s.HasilKurang()<<endl;

system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}

Class, Method dan Modifier di Java, C# dan C++ || OOP

Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil. Setiap method yang menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.

Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.

Modifier adalah ruang lingkup aksesibilitas dari sebuah Obyek dan anggotanya. Kita dapat mengontrol ruang lingkup objek anggota kelas menggunakan access modifier. Kita menggunakan access modifier untuk menyediakan keamanan Code yang kita Buat.


Gan,, ane bosen nerangin tentang ini,, soalnya pada postingan yang lalu udah ane jelasin :D
Langsung aja pada Contoh Programnya yak . . .

Csharp


class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
Satu s = new Satu(); //--->bikin object s

Console.Write("Masukkan nilai = ");
s.d = Convert.ToByte(Console.ReadLine());
s.Tes4(s.d);


Console.Write("\nPress any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}

class Satu //--->Class
{
byte a = 10; //field modifier default
private byte b; //field modifier private
protected byte c; //field modifier protected
public byte d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default
{
Console.WriteLine("Testing 1");
}

private void Tes2() //---> method modifier private
{
Console.WriteLine("Testing 2");
}

protected void Tes3() //---> method modifier protected
{
Console.WriteLine("Testing 3");
}

public void Tes4(byte i) //---> method modifier public
{
Console.WriteLine("nilai = {0}",i);
}
}

Java


package OOPpraktikum;
import java.util.*;

public class MainClass
{
private static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static void main(String[] args)
{
Satu s = new Satu(); //--->bikin object s

System.out.print("Masukkan nilai = ");
s.d = input.nextByte();
s.Tes4(s.d);

System.out.println("\nPress any key to continue . . . ");

}

}

public class Satu //--->Class
{
byte a = 10; //field modifier default
private byte b; //field modifier private
protected byte c; //field modifier protected
public byte d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default
{
System.out.println("Testing 1");
}

private void Tes2() //---> method modifier private
{
System.out.println("Testing 2");
}

protected void Tes3() //---> method modifier protected
{
System.out.println("Testing 3");
}

public void Tes4(byte i) //---> method modifier public
{
System.out.println("nilai = "+i);
}
}

C++




  

#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Satu //--->Class
{
int a; //field modifier default
private : int b; //field modifier private
protected : int c; //field modifier protected
public : int d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default
{
cout<<"Testing 1"<<endl;
}

private : void Tes2() //---> method modifier private
{
cout<<"Testing 2"<<endl;
}

protected : void Tes3() //---> method modifier protected
{
cout<<"Testing 3"<<endl;
}

public : void Tes4(int i) //---> method modifier public
{
cout<<"nilai = "<<i<<endl;
}
};

int main(int argc, char *argv[])
{
Satu s; //--->bikin object
cout<<"masukan nilai = ";
cin>>s.d;
s.Tes4(s.d);

system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}

Rabu, 07 Maret 2012

Construktor dan Destruktor di Java, C# dan C++ || OOP

Alhamdulillah . . . Akhirnya bisa Ngepost lagi d sela2 ksibukan kuliah . . .
Pada Postingan kali ini, ane mw posting tentang Construktor dan Destruktor . . .
Ini telah menginjak Materi OOP 2 . . . postingan yg kmaren itu OOP-OOP-an kata p.Eko heri . . .Hehehehehehehe


Konstruktor adalah sebuah fungsi yang otomatis akan dipanggil setiap kali melakukan instasiasi terhadap suatu kelas dan digunakan untuk melakukan inisialisasi nilai dari data – data yang terdapat di dalam kelas yang bersangkutan.
Fungsi dari Konstruktor
Mengalokasikan sebuah objek saat program dieksekusi.
Memberikan nilai awal sebagai inisialisasi dari semua atribut yang perlu diinisialisasi.
Mengerjakan proses-proses yang diperlukan saat sebuah objek dibuat.

Pengertian Destruktor
Destruktor adalah (penghancur atau pelenyap) yang secara otomatis akan dijalankan pada saat berakhirnya objek.

Syarat dari construktor dan destruktor adalah namanya harus sama dengan nama Class nya,,khusus construktor boleh mempunyai banyak bentuk (maksudnya dlm satu Class boleh ada lebih dari satu Construktor) yang di bedakan dengan parameternya dan nanti kita akan membahasnya dalam postingan slanjutnya I.Alloh ,, di tunggu aja y?!!

Agar lebih Paham Ini contoh Programnya dlm Csharp, Java dan C++
Oia khusus di java tidak mengenal Destructor tapi ada penggantinya . . . Referensinya bisa kamu baca disini atau disini



Csharp

class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
Konstruk kon = new Konstruk();

kon.Show();

Console.WriteLine();
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}

class Konstruk
{
public int A,B;
public Konstruk() // <<--- Construktor
{
Console.WriteLine(" ==================================");
Console.WriteLine(" = Constructor =");
Console.WriteLine(" ==================================");
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
Console.WriteLine();
//inisialisasi
A = B = 10;
}
~Konstruk() // <<--- Destruktor
{
Console.WriteLine("Finalizing");
}
public void Show()
{
Console.WriteLine("Nilai A = {0}",A);
Console.WriteLine("Nilai B = {0}",B);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Hasil Perkalian = {0}",A*B);
}
}
Java

public class MainClass
{
public static void main(String[] args)
{
Konstruk kon = new Konstruk();

kon.Show();
}

}
class Konstruk
{
public int A,B;
public Konstruk() // <<--- Constructor
{
System.out.println(" ==================================");
System.out.println(" = Constructor =");
System.out.println(" ==================================");
System.out.println();
System.out.println();
System.out.println();
A = B = 10;
}
protected void finalize() // <<--- semacam Destructor
{
System.out.println("Finalizing . . .");
}

public void Show()
{
System.out.println("Nilai A = "+A);
System.out.println("Nilai B = "+B);
System.out.println();
System.out.println("Hasil Perkalian = "+A*B);
}
}



C++


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Konstruk
{
public : int A,B;
public : Konstruk() //<<---construktor
{
cout<<" =================================="<<endl;
cout<<" = Constructor ="<<endl;
cout<<" =================================="<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
A = B = 10;
}
~Konstruk() //<----destructor
{
cout<<"Finalizing . . . ."<<endl;
}
public : void Show()
{
cout<<"Nilai A = "<<A<<endl;
cout<<"Nilai B = "<<B<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Hasil Perkalian = "<<A*B;
}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
Konstruk kon;

kon.Show();

cout<<endl;
cout<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}