Senin, 12 Desember 2016

StartUp Digital


Oii.. semuaaa... Oe mau cerita sedikit nih tentang pengalaman oe waktu ikut Seminar Nasional Bangun Inovasimu Dengan StartUp. Nah waktu oe ikut seminar ini, oe bingung startup apa yang di maksud. StartUp yang di maksud di seminar ini tuh ternyata StartUp Digital. Apa itu StartUp? StartUp adalah Bisnis, kalau StartUp dalam bentuk Digital, berarti bisnis menggunakan cara digital.
Kalian tau ngga? Pasti kalian tanpa sadar ngga tau kan ada contoh StartUp di indonesia. Nih oe kasih tau, contoh StartUp di indonesia antara lain seperti: GOJEK, Jarvis Store, Dll.

Kenapa oe bilang GOJEK? ya karena asal mula ada nya gojek itu dari seorang tukang ojek yang di beri handphone, jadi bisa menghubungi tukang ojek tersebut. Nah lama kelamaan muncullah sebuah ide, yang bisa di gunain ke semua masyarakat. Begitu kita order tukang ojek pun datang, dengan kata lain tukang ojek berubah nama jadi gojek karna ada nya alat digital (handphone). Ngga cuman Gojek doang, ada juga GoFood, GoMessage, GoCar, GoRide, dan masih banyak yang lain nya, yang ikut-ikutan di GO kan semua.

Dari hal kecil ini kita bisa membangun StartUp yang begitu diminati oleh masyarakat. Masyarakat juga kebanyakan lebih sering menggunakan Gadget untuk mencari Informasi-Informasi terupdate, Kita bisa lihat sendiri, berapa banyak orang yang membaca koran, dan orang yang melihat dari Berita Harian di Internet seperti detik.com, kompas.com, dll.

Adakah ide untuk membuat StartUp kalian sendiri? yang dapat digunakan untuk semua masyarakat?
Yah oe sih seneng bisa bertemu dengan R. Frianto Moerdowo (CEO Jarvis Store) dan Andrie Widya (Business Development Director Impala Space) yang akhir nya oe paham tentang StartUp.
Di Impala Space juga ngadain "Program Gerakan Nasional 1000 StartUp Digital" yang didukung langsung oleh Presiden kita Jokowi.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Gerakan ini diinisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. KIBAR adalah sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota.

So, ayo kita bikin StartUp kita. Dan share ke semua masyarakat. Jangan pernah menyerah sebelum mencoba.

Jangan lupa share, dan Like fanpage oe ya... thankyou.. ^-^

0 komentar:

Posting Komentar